Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Untuk Madrasah 2013
Pengembangan kurikulum merupakan suatu keniscayaan, sesuai dengan
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, tuntutan sosial masyarakat,
dan perkembangan global, serta dilakukan secara periodik. Rekonstruksi
kurikulum PAI dan Bahasa Arab sebagai upaya pengembangan pendidikan
karakter bangsa (nation character building). Kurikulum PAI dan Bahasa
Arab 2008 masih perlu penyempurnaan dalam aspek scope, sequence, dan
strukturnya.
Alasan Pengembangan Kurikulum Dalam rangka peningkatan kompetensi siswa
madrasah sesuai dengan dinamika pendidikan nasional dan global ; Usulan
ormas Islam penyelenggara lembaga pendidikan (Nahdhatul Ulama,
Muhammadiyah, Al Irsyad, Nahdlatul Wathan, Persatuan Umat Islam,
Persatuan Islam, Tarbiyah Islamiyah, dll.) akan pentingya penguatan
konten mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab sebagai
ciri khas madrasah Berdasarkan PMA NO.2 Thn. 2008, ; Masukan dari pakar
dan guru madrasah tentang perlunya melakukan pengembangan kurikulum PAI
dan Bahasa Arab dalam rangka rekonstruksi kurikulum 2008 baik dari segi
struktur maupun substansinya.
Rasionalitas Penambahan Jam Pelajaran PAI dan Bahasa Arab meliputi :
- Pembelajaran PAI pada madrasah tidak saja mengembangkan aspek kognitif tetapi juga mengembangkan aspek afektif dan psikomotor.
- Pembelajaran Bahasa Arab pada madrasah harus bersifat holistik, disamping sebagai alat/prasyarat untuk penguasaan ilmu-ilmu keislaman Berdasarkan PMA NO.2 Thn. 2008 dan juga sebagai alat komunikasi baik lisan maupun tulisan sesuai dengan dinamika pembelajaran bahasa.
Isu Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab pada Kurikulum 2013
- PAI sebagai mata pelajaran yang mengajarkan konsep Islam rahmatan lil’alamin untuk membentuk masyarakat Indonesia yang ramah, toleran, serta menjunjung norma dan nilai-nilai kemanusiaan.
- PAI sebagai basis pedidikan karakter bangsa dan pengenalan diri.
- Pembelajaran PAI dengan pendekatan kontekstual dan sebagai upaya menciptakan budaya religius di madrasah.
- Pembelajaran Bahasa Arab sebagai alat untuk mendalami ajaran Islam.
- Pembelajaran Bahasa Arab diarahkan pada penguasaan bahasa Arab aktif sebagai alat komunikasi lisan dan tulisan.
- Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab dengan menggunakan sumber belajar yang bervariasi.
- Pembelajaran PAI dan Bahasa Arab yang holistik (kognitif, afektif, dan psikomotor) dalam kurikulum, proses pembelajaran dan penilaian
Sumber : Dirjen Pendis Kemenag RI
Demikian info mengenai Kurikulum PAI dan Bahasa Arab Untuk Madrasah 2013, semoga ada manfaatnya
0 Post a Comment:
Post a Comment