Pada mulanya, Para Ahli membuat komputer hanya untuk mengolah data dalam
membantu mempermudah pekerjaan Ilmuwan, Lama kelamaan merambat ke dunia
Perkantoran dan Pendidikan
Kini, Hampir semua bidang kehidupan saat ini sangat memerlukan komputer, Maka dari itu ketrampilan menggunakan komputer menjadi sangat penting diperlukan dalam proses belajar /mengajar dari TK sampai Universitas, dan dalam kehidupan sehari hari.
Kini, Hampir semua bidang kehidupan saat ini sangat memerlukan komputer, Maka dari itu ketrampilan menggunakan komputer menjadi sangat penting diperlukan dalam proses belajar /mengajar dari TK sampai Universitas, dan dalam kehidupan sehari hari.
Keunggulan Komputer di Dunia Pendidikan Komputer sangat membantu sebagai
Alat Bantu (media), Alat Uji, Alat Peraga yang dapat berinteraksi dengan
siswa/anak. Namun interaksi komputer dengan anak, tetap memerlukan peran
manusia (pengajar/guru yang berpengalaman).
Keunggulan Interaksi komputer dengan siswa ialah lebih cepat, lebih
obyektif, dan sebagai alat peraga (simulasi) dengan resiko mendekati Nol. Progam
simulasi atau software yang baik untuk pendidikan anak ialah disesuaikan dengan
usia. Para Guru/Orangtua harus memahami perkembangan pemahaman anak, Untuk anak
usia 0-2 tahun anak mendapat pemahaman dari panca indra dan bahasa isyarat,
Mulai Usia 3 tahun, anak mulai menggunakan bahasa dan lambang/simbol tertentu
bahkan sudah mulai bisa memahami logika.
Keunggulan komputer untuk anak-anak ialah pada program/software
“edutainment” gabungan EDUcation (pendidikan) dan EnterTAINMENT (hiburan).
Karena masa kanak kanak ialah masa penuh keceriaan/ hiburan & Program
“edugame” gabungan EDUcation (pendidikan) dan game (permainan).
Software tersebut bisa meningkatkan kreativitas anak, melatih syaraf motorik,
Contoh: Permainan kombinasi benda, Berhitung, Tebak Angka, Tebak Gambar,
Menyusun Gambar, Karena didukung peran perangkat media gambar, suara, bahkan
gerak (multimedia). Sehingga Suasana Belajar Menjadi Menarik dan Menyenangkan.
FOTO - FOTO KEGIATAN EKSTRA KOMPUTER
0 Post a Comment:
Post a Comment